SISTEM INFORMASI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
Poltekkes Mataram

Info

A. Persyaratan Calon Peserta Alih Jenjang
1

Persyaratan Alih Jenjang

  • Latar belakang pendidikan awal adalah sejalur (in-line) dengan jalur pendidikan yang akan diikuti, sebagai berikut:

PROGRAM STUDI YANG DITUJU

LATAR BELAKANG PENDIDIKAN TERAKHIR

WAKTU PENDIDIKAN
Sarjana Terapan Keperawatan + Pendidikan Profesi Ners D III Keperawatan 2 Semester + 2 Semester Profesi
Pendidikan Profesi Ners DIV Keperawatan/Sarjana Terapan Keperawatan 2 Semester
Pendidikan Profesi Bidan DIV Kebidanan/Sarjana Terapan Kebidanan 2 Semester
     
     
     
  • Sehat jasmani dan rohani (dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas meliputi sehat fisik, tidak buta warna), serta tidak hamil bagi perempuan.
  • Bersedia mengikuti ketentuan yang berlaku selama proses pendidikan di Poltekkes Kemenkes Mataram, termasuk bagi perempuan bersedia tidak hamil selama mengikuti pendidikan
  • Bagi pendaftar Prodi Sarjana Terapan Alih Jenjang riwayat kuliah D-III Tahun 2012 terdaftar di laman https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (Tidak perlu Verifikasi Ijazah).
  • Bagi Lulusan di luar Poltekkes Kemenkes Mataram Sebelum Tahun 2012, Menyerahkan Surat Klarifikasi Lulusan/Verifikasi Ijasah dari Perguruan Tinggi Asal.
  • Mendapat Surat Rekomendasi dari Oraganisasi Profesi
  • Pendaftaran tanggal 20-27 Juni 2022 secara online
  • Ujian tulis tanggal 29 Juni 2022 jam 10.00 -10.30 WITA
 
B. Kelengkapan Berkas
1
  1. Ijazah dan transkrip nilai,  yang sudah dilegalisir  masing-masing sebanyak 1 lembar:
  2. Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja bagi yang sudah bekerja.
  3. Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah. (download disini)
  4. Surat keterangan tugas belajar bagi peserta tugas belajar
  5. Surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan dan mentaati peraturan pendidikan (download disini).
  6. Bagi utusan pemerintah daerah/kerjasama/DTPK dapat melampirkan surat rekomendasi.
  7. Surat Keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (rumah sakit pemerintah, puskesmas) meliputi : Tinggi Badan, tidak buta warna, serta tidak hamil bagi perempuan
  8. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm latar belakang merah 2 buah.
  9. Surat Klarifikasi Lulusan dari Perguruan Tinggi Asal untuk calon selain lulusan Poltekkes Mataram (download disini),
  10. KTP, Kartu Keluarga, dan JKN
  11. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  12. Menyetujui/Membuat Surat Pernyataan keaslian berkas pendaftaran
 
C. Pendaftaran
1
  1. Mendaftar halaman web site http://siakad.poltekkes-mataram.ac.id/pmb pilih DAFTAR UJI Tulis  atau di link http://siakad.poltekkes-mataram.ac.id/pmb/formulir-pendaftaran.html
  2. Mengisi/menginput biodata lengkap yang sudah di tampilkan di menu DAFTAR Uji Tulis ampai Klik DAFTAR
  3. Mengprint/mencetak hasil hasil Daftar sehingga menampilkan formulir pendaftaran yang selesai di isi 
  4. Menghubungi bendahara penerima  dengan meminta kode biling biaya pendaftaran yang terdapat di cetak formulir pendaftaran  yaitu (https://t.me/polkesrampnbp) format ketikan : 
    • Untuk satu pilihan : AJENG 2  (spasi) ID (spasi) NAMA LENGKAP (spasi) PILIHAN PRODI
  5. Bayar tagihan di bank /pos
  6. Untuk mencetak kartu ujian peserta menghubungi admin dengan telegram ke nomor (0818366063) untuk konfirmasi pembayaran dilakukan telah lunas dengan screenshot bukti pembayarannya sehingga Operator Admin SPMB untuk menvalidasi dengan format :
  • AJENG 2 (spasi) ID (spasi) NAMA LENGKAP (spasi) PILIHAN PRODI
  • Peserta WAJIB mengeprint atau mencetak kartu Pendaftar  yang sudah di validasi oleh Admin Sipenmaru di Menu DATA PENDAFTAR ketik Nama Pendaftar di Search, isi Kode Verifikasi yang terdapat di Formulir Pendaftaran.

      7. Pendaftar Menggisi dan Uploud protofolio di goggle form untuk sesuai komponen yang diminta di Link https://bit.ly/AJENG2022GEL2

     8. Mengirimkan Dokumen melalui pos, kurir pengiriman dan lain-lain di Alamat Gedung Direktorat Poltekkes Kemenkes Mataram Jl. Prabu Rangkasari Dasan 

         Cermen Sandubaya Mataram. (Cq. Adak)

            Dokumen tersebut yaitu

  1. Formulir Pendaftaran
  2. Bukti Pembayaran Pendaftaran
  3. Ijazah dan Transkrip Nilai yg Dilegalisir
  4. Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari pimpinan unit kerja bagi yang sudah bekerja.
  5. Surat Keterangan persetujuan mengikuti pendidikan dari suami/istri bagi yang sudah menikah.
  6. Surat Keterangan Tugas Belajar bagi peserta tugas belajar
  7. Surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan dan mentaati peraturan pendidikan.
  8. Bagi utusan pemerintah daerah/kerjasama/DTPK dapat melampirkan surat rekomendasi.
  9. Pas foto terbaru ukuran 4×6 cm latar belakang merah 2 buah.
  10. KTP, Kartu Keluarga, dan JKN
  11. Kartu peserta untuk Panitia
  12. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Organisasi Profesi
  13. Menyetujuai/Membuat Surat Pernyataan keaslian berkas pendafatran

 

CATATAN UNTUK PENGSISIAN ONLINE:

  1. Photo yang akan di Uploud harus type file jpg dan di bawah 1 MB
  2. Pengisian tidak boleh menggunakan tanda simbol kecuali untuk email
  3. Untuk Bagian Rekomedasi boleh tidak di isi atau dikosongkan saja
  4. Tulisan misalnya di KTP di RT atau RW misalnya 001 di ketik pendaftaran mejadi RT atau RW : 1
  5. Lebih Baik pengisian menggunkan PC/Komputer/Laptop

Cara dan video tutorial untuk pengisian Pendaftaran SIMAMA online dapat dilihat pada Link di bawah ini :

Pendaftaran Online

 
D. BIAYA KULIAH SESUAI PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 64 TAHUN 2019
1
NO PRODI JUMLAH KETERANGAN
1 Diploma III Keperawatan Rp. 2.700.000,- Per Semester
  Sarjana Terapan Keperawatan Rp. 3.200.000,-
  Program Pendidikan Profesi Ners Rp. 6.600.000,-
  Diploma III Kebidanan Rp. 3.000.000,-
  Sarjana Terapan Kebidanan Rp. 3.200.000,-
  Program Pendidikan Profesi Bidan Rp. 6.600.000,-
  Diploma III Teknologi Laboratorium Medis Rp. 2.700.000,-
  Sarjana Terapan Teknologi Laboratorium Medis Rp. 2.600.000,-
  Diploma III Gizi Rp. 2.400.000,-
  Sarjana Terapan Gizi dan Dietetika Rp. 2.600.000,-

 

 
JADWAL KEGIATAN